Wednesday, November 01, 2006

Akankah "Berbagi Suami" Menembus Oscar?

Film Berbagi Suami(Love for Share) arahan sutradara Nia Dinata meraih sukses yang luar biasa. Setelah sukses yang diraih dlm MTV Indonesia Movie Awards 2006 dan Festival Film Jakarta 2006 yang merupakan ajang festival film dalam negeri, Nia Dinata juga meraih sukses di Hawaii dalam HIFF 2006 (Hawaii International Film Festival 2006) dengan dinobatkannya Berbagi Suami sebagai Best Feature Film. Ternyata langkah awalnya ke Hawaii merupakan taktik gerilya Nia Dinata agar filmnya bisa disaksikan sekaligus dinilai oleh orang-orang Academy Awards, Golden Globe Awards, pers Hollywood.



Sebelumnya, Penyelenggara Academy Awards pada hari Kamis (19/10) waktu Los Angeles (California, AS) mengumumkan 61 film yang masuk seleksi kategori Best Foreign Language Film pada Academy Awards 2007 atau yang ke-79. Dan Film Berbagi Suami menjadi salah satu dari 61 film yang akan ikut diseleksi pada ajang Festival Film paling bergengsi sedunia itu. Setelah langkah awalnya yang sukses di Hawaii, Nia akan melanjutkan gerilyanya ke Tokyo Film Festival 2006. Karena bukan dana yang murah (300jt-500jt rupiah) bagi orang Indonesia jika harus memutar Berbagi Suami di bioskop2 AS agar film tersebut disaksikan dan dinilai oleh orang-orang Acadamey Awards yang tersebar di seluruh AS yang beranggotakan dua ribuan lebih anggotanya, belum lagi melobi dan pasang iklan melalui media industri film Amerika Serikat, seperti Hollywood Reporter, Variety.



Kita doakan agar film ini menjadi perwakilan Indonesia pertama yang menembus 5 nominasi Academy Award atau bahkan sebagai pemenang Best Foreign Language Film.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home